A P P S I S T E N

Loading

Syarat & Ketentuan

Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Nalar Naluri terkait penggunaan situs www.nalarnaluri.com. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.


Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.Nalar Naluri.com, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT.Nalar Naluri. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.Nalar Naluri.com.


  1. Definisi

  2. Password dan Keamanan

  3. Transaksi

  4. Komisi

  5. Harga

  6. Konten

  7. Kartu Kredit

  8. Promo

  9. Pelepasan

  10. Ganti Rugi

  11. Pilihan Hukum

  12. Pembaharuan

1. Definisi
  1. PT Nalar Naluri adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa pengembangan aplikasi di www.nalarnaluri.com. Termasuk di dalamnya Jasa turunan entivo.id, prototab.id, dan appsisten.id.

  2. Situs Nalar Naluri adalah www.nalarnaluri.com.

  3. Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Nalar Naluri yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Nalar Naluri, serta tata cara penggunaan sistem layanan Nalar Naluri.

  4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Nalar Naluri, termasuk namun tidak terbatas pada Pelanggan maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Nalar Naluri.

  5. Pelanggan adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Jasa yang dijual oleh Situs Nalar Naluri dan turunannya.

  6. Jasa adalah seluruh jasa pengerjaan bersifat digital yang memenuhi kriteria pengadaan jasa digital seperti aplikasi dan website.

  7. Feed adalah fitur pada Situs/Aplikasi Nalar Naluri yang menampilkan konten dari KOL, atau pihak lainnya terkait Jasa tertentu.

  8. Key Opinion Leaders atau KOL adalah pihak yang mempromosikan Jasa atau Produk tertentu melalui Feed.

  9. Rekening Resmi Nalar Naluri adalah rekening bersama yang disepakati oleh PT. Nalar Naluri Indonesia dan para pengguna untuk proses transaksi pembelian Jasa di Situs Nalar Naluri dan turunannya. Rekening resmi Nalar Naluri dapat ditemukan di halaman [link ke rekening]

Back to top
2. Password dan Keamanan
  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.

  2. Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai:

    1. Pelanggan

    2. Penjual, dengan memanfaatkan layanan buka toko.

  3. Nalar Naluri tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa memindahkan Jasa ke gudang, penghapusan Jasa, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.

  4. Nalar Naluri memiliki kewenangan untuk menutup toko atau akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Nalar Naluri. Pengguna menyetujui bahwa Nalar Naluri berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembukaan toko yang baru apabila ditemukan kesamaan data.

  5. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Nalar Naluri, termasuk namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Toko; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; (v) penambahan produk ke etalase; dan/atau (vi) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.

  6. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.

  7. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Nalar Naluri tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.

  8. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal sebagai berikut (i) Rp 500 ditambah pajak 10% untuk Indosat, Tri, XL, Smartfren, dan Esia; (ii) Rp 200 ditambah pajak 10% untuk Telkomsel.

Back to top
3. Transaksi
  1. Pelanggan wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Nalar Naluri.

  2. Saat melakukan Pembelian Jasa, Pelanggan menyetujui bahwa:

    1. Pelanggan bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Jasa (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.

    2. Pelanggan mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs Nalar Naluri tergantung pada monitor komputer Pelanggan. Nalar Naluri telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs Nalar Naluri muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs Nalar Naluri akan akurat.

    3. Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Jasa ketika Pengguna membeli suatu Jasa.

    4. Nalar Naluri tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas Jasa-Jasa dari Penjual kepada Pelanggan.

  3. Nalar Naluri memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

  4. Pembayaran oleh Pelanggan wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 2 hari) setelah Pelanggan menerima invoice. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh Pelanggan, Nalar Naluri memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.

  5. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh Nalar Naluri.

  6. Pelanggan menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Nalar Naluri. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pelanggan kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pelanggan.

  7. Pelanggan memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pelanggan pergunakan dengan bank Rekening resmi Nalar Naluri adalah tanggung jawab Pelanggan secara pribadi.

  8. Pengembalian dana dari Nalar Naluri kepada Pelanggan hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:

    1. Kelebihan pembayaran dari Pelanggan atas harga Jasa,

    2. Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusi berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pelanggan atau hasil keputusan dari pihak Nalar Naluri.

  9. Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui akun Bank pelanggan sesuai dengan jumlah pengembalian dana. Jika Pengguna menggunakan pilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk pada ketentuan bagian M terkait Kartu Kredit.

  10. Apabila Pelanggan memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. Dalam hal pembayaran telah diverifikasi maka kode unik akan dikembalikan ke Saldo Pelanggan.

  11. Pelanggan wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. PT Nalar Naluri Indonesia tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pelanggan apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran ataupun invoice.

Back to top
4. Komisi
  1. Nalar Naluri tidak mengenakan komisi untuk transaksi yang dilakukan melalui Situs Nalar Naluri, kecuali apabila Pengguna menggunakan fitur atau layanan tertentu yang dikenakan biaya layanan.

  2. Apabila dikemudian hari akan diberlakukan sistem komisi dalam transaksi melalui Situs Nalar Naluri, maka akan diberitahukan kepada Pengguna yang terkena dampaknya melalui Situs Nalar Naluri.

Back to top
5. Harga
  1. Harga Jasa yang terdapat dalam situs Nalar Naluri adalah harga yang ditetapkan oleh PT. Nalar Naluri Indonesia. Penjual dilarang memanipulasi harga Jasa dengan cara apapun.

  2. Pelanggan memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs Nalar Naluri dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pelanggan adalah tanggung jawab Pelanggan.

  3. Dengan melakukan pemesanan melalui Nalar Naluri, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga Jasa dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran atau invoice. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.

  4. Situs Nalar Naluri untuk saat ini hanya melayani transaksi dalam mata uang Rupiah.

Back to top
6. Konten
  1. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Jasa yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain atau PT. Nalar Naluri Indonesia.

  2. Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh PT. Nalar Naluri Indonesia adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.

  3. Pelanggan tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Jasa atau logo Nalar Naluri dan logo turunannya sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs Nalar Naluri, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pelanggan / calon Pelanggan.

  4. Pelanggan menjamin foto/gambar yang diunggah ke aplikasi tidak termasuk konten yang dilarang atau melanggar hak milik pihak lain. Apabila didapati foto/gambar melanggar ketentuan konten atau terdapat laporan pelanggaran hak milik pihak lain, maka Nalar Naluri berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan konten dan/atau tindakan lainnya yang perlu dilakukan.

  5. Ketika Pengguna mengunggah ke aplikasi yang dibuat Nalar Naluri dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan Nalar Naluri hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas, merek dagang, hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya, untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Nalar Naluri.

  6. Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna ke dalam situs ataupun aplikasi turunan Nalar Naluri. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs Nalar Naluri maupun aplikasi turunan dan buatan Nalar Naluri.

  7. Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan terbarui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta Nalar Naluri bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.

  8. Konten atau materi yang akan ditampilkan atau ditayangkan pada Situs/Aplikasi Nalar Naluri melalui Feed akan tunduk pada Ketentuan Situs, peraturan hukum, serta etika pariwara yang berlaku.

  9. Nalar Naluri berhak untuk sewaktu-waktu menurunkan konten atau materi yang terdapat pada Feed yang dianggap tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Situs, peraturan hukum yang berlaku, serta etika pariwara yang berlaku tanpa pemberitahuan terlebih dahulu terhadap pelanggan dan pengguna

Back to top

7. Kartu Kredit
  1. Transaksi Pembelian Jasa dengan menggunakan kartu kredit wajib mengikuti syarat dan ketentuan yang diatur oleh Nalar Naluri.

  2. Pengguna dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat pembayaran.

  3. Apabila terdapat transaksi Pembelian Jasa dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Nalar Naluri, maka Nalar Naluri berwenang untuk:

    1. menahan dana transaksi selama diperlukan oleh Nalar Naluri, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 (empat belas) hari;

    2. melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi, serta menarik kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit.

  4. Nalar Naluri akan menghentikan kerjasama dengan Penjual yang melakukan tindakan yang dapat merugikan prinsipal, penerbit, acquirer dan /atau pemegang kartu kredit, antara lain memproses penarikan / gesek tunai (cash withdrawal transaction).

  5. Apabila transaksi Pembelian tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pelanggan di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi Pembelian Jasa dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Nalar Naluri.

  6. Transaksi Pembelian yang menggunakan metode pembayaran kartu kredit akan dikenakan biaya layanan sebesar 1,5% dari total biaya yang harus dibayarkan. Biaya layanan ini diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam berbelanja.

  7. Transaksi Pembelian yang menggunakan metode pembayaran cicilan kartu kredit akan dikenakan biaya layanan yang diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam bertransaksi melalui Nalar Naluri, dengan rincian sebagai berikut:

    1. Cicilan 3 (tiga) bulan sebesar 2.5% (dua koma lima persen)

    2. Cicilan 6 (enam) bulan sebesar 3.5% (tiga koma lima persen)

    3. Cicilan 12 (dua belas) bulan sebesar 6% (enam persen)

    4. Cicilan 18 (delapan belas) bulan sebesar 8% (delapan persen)

    5. Cicilan 24 (dua puluh empat) bulan sebesar 10% (sepuluh persen)

  8. Apabila seluruh transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna. Namun apabila hanya sebagian transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut tidak akan ikut serta dikembalikan.

Back to top
8. Promo
  1. Nalar Naluri sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.

  2. Apabila terdapat transaksi Promo yang mempergunakan metode pembayaran kartu kredit yang melanggar Syarat dan Ketentuan Nalar Naluri, maka akan merujuk pada Syarat dan Ketentuan Kartu Kredit.

  3. Nalar Naluri berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan Nalar Naluri dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.

  4. Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Nalar Naluri untuk mengikuti setiap promo Nalar Naluri. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang sama dan/atau nomor handphone yang sama dan/atau alamat yang sama dan/atau ID pelanggan yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama dan/atau riwayat transaksi yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo Nalar Naluri.

Back to top
9. Pelepasan
  • Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan Nalar Naluri (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari Pembelian Jasa yang telah dilarang pada Jenis Jasa. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

  • Back to top
    10. Ganti Rugi
  • Pengguna akan melepaskan Nalar Naluri dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Nalar Naluri (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Nalar Naluri yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

  • Back to top
    11. Pilihan Hukum
  • Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

  • Back to top
    12. Pembaharuan
  • Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Nalar Naluri menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Nalar Naluri, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.

  • Back to top